Selasa, 21 Mei 2013

Tiga Syarat Implementasi Sekolahalam



Setelah (disuruh) membaca buku “Belajar Bersama Alam” (tepatnya bagian “3 Syarat Implementasi Sekolahalam”),berikut ini garis besar isinya sekaligus gambaran pembelajaran di SD Alam Jingga. Tiga syarat implementasi sekolahalam adalah:

Guru Berkualitas
Ternyata untuk menjadi kualifikasi guru berkualitas versi sekolahalam, setidaknya diperlukan hal-hal berikut:
·         Mencintai anak-anak sebab guru adalah orang tua bagi murid-muridnya di sekolah

·         Menjadi teladan dimana pun dan kapan pun, bukan hanya pada waktu belajar mengajar
·         Seorang yang ikhlas worker sebab guru merupakan profesi mulia yang harus didasarkan pada panggilan jiwa, bukan pelarian semata
·         Seorang yang istimewa dengan pribadinya
·         Seorang yang memposisikan dirinya sebagai fasilitator, manajer, motivator, entrepreneur, designer, entertainer dan researcher
·         Mengamalkan agama dengan baik
·         Komunikatif

Saat ini para guru di SD Alam Jingga dalam tahap internalisasi kualifikasi tersebut. Selai kualifikasi, guru di sekolahalam dikatagorikan menjadi 3 jenjang yaitu:
·         Guru mumpuni yaitu guru yang telah menguasai metode pembelajaran sekolahalam namun dari segi financial tergantung gaji guru.
·         Guru relawan yaitu guru mumpuni yang mengembangkan usaha (teacherpreneur).
·         Guru pejuang  yaitu guru yang sudah mempunyai sekolah sendiri dimana sekolah menjadi bisnis idealis.

Metode yang Tepat
Komponen pendidikan dan pengajaran meliputi kurikulum, tujuan yang dicapai (outcome) dan metode atau strategi mengajar. Kurikulum sekolahalam akan membedah dan menemukan cara tunduk manusia kepada Tuhannya; cara tunduk makhluk lain kepada Tuhannya dan cara interaksi antarmanusia (muamalah). Outcome besar yang harus dicapai sekolahalam adalah khalifatullah fil ardhi. Metode mengajar di sekolahalam antara lain, metode teladan, metode kasih sayang (metode bahasa ibu) dan metode yang patut yang berarti melayani anak secara holistic meliputi jiwa, akal, spiritual dan jasad.
Dalam perkembangan pembelajaran terdapat beberapa perubahan sebagai berikut
Tujuan Pembelajaran
Menguasai Ilmu
Menemukan Ilmu
Proses Pembelajaran
Berpusat pada guru
Berpusat pada siswa
Pertanyaan
Apa, siapa, di mana, bagaimana
Bagaimana jika…
Proses Berpikir
Menghafal, mengetahui, mengerti
Kreatif, inovatif, imajinatif
Evaluasi Belajar
Benar-salah, pilihan ganda
Kemungkinan jawaban bervariasi, esai dan performance
   
Buku berkualitas
Membaca merupakan syarat utama dalam membangun peradaban. Membaca memiliki makna yang luas. Untuk itu perpustakaan menjadi tempat istimewa di tiap sekolah. Perpustakaan dapat menjadi ‘bengkel’ yang merupakan pusat kegiatan membaca (dan menulis). Dalam waktu dekat SD Alam Jingga akan dilengkapi dengan perpustakaan yang kami sebut ‘resource center’.

2 komentar:

  1. buku ini harganya berapa ya..? bisa beli dimana..? soalnya saya sedang menulis skripsi dengan tema sekolah alam, lumayan sulit mencari buku2nya.. trmksh..

    BalasHapus
  2. lupa harganya berapa. sekolah kami (sekolahalamjingga.blogspot.com), beli langsung dari penulisnya, Bu Septri, waktu berkunjung ke School of Universe (SoU) Bogor. coba hubungi via facebook beliau (Septriana Murdiani). sukses buat skripsinya, semoga membantu.

    BalasHapus