Setelah (disuruh) membaca
buku “Belajar Bersama Alam” (tepatnya bagian “3 Syarat Implementasi Sekolahalam”),berikut
ini garis besar isinya sekaligus gambaran pembelajaran di SD Alam Jingga. Tiga
syarat implementasi sekolahalam adalah:
Guru Berkualitas
Ternyata untuk menjadi
kualifikasi guru berkualitas versi sekolahalam, setidaknya diperlukan hal-hal
berikut:
·
Mencintai anak-anak sebab guru adalah orang tua bagi murid-muridnya
di sekolah
·
Menjadi teladan dimana pun dan kapan pun, bukan hanya
pada waktu belajar mengajar
·
Seorang yang ikhlas worker sebab guru merupakan
profesi mulia yang harus didasarkan pada panggilan jiwa, bukan pelarian semata
·
Seorang yang istimewa dengan pribadinya
·
Seorang yang memposisikan dirinya sebagai fasilitator,
manajer, motivator, entrepreneur, designer, entertainer dan researcher
·
Mengamalkan agama dengan baik
·
Komunikatif
Saat ini para guru di SD
Alam Jingga dalam tahap internalisasi kualifikasi tersebut. Selai kualifikasi,
guru di sekolahalam dikatagorikan menjadi 3 jenjang yaitu:
·
Guru mumpuni yaitu guru yang telah menguasai metode
pembelajaran sekolahalam namun dari segi financial tergantung gaji guru.
·
Guru relawan yaitu guru mumpuni yang mengembangkan
usaha (teacherpreneur).
·
Guru pejuang yaitu guru yang sudah mempunyai sekolah
sendiri dimana sekolah menjadi bisnis idealis.
Metode yang Tepat
Komponen pendidikan dan
pengajaran meliputi kurikulum, tujuan yang dicapai (outcome) dan metode atau strategi mengajar. Kurikulum sekolahalam
akan membedah dan menemukan cara tunduk manusia kepada Tuhannya; cara tunduk
makhluk lain kepada Tuhannya dan cara interaksi antarmanusia (muamalah). Outcome besar yang harus dicapai sekolahalam adalah khalifatullah
fil ardhi. Metode mengajar di sekolahalam antara lain, metode teladan,
metode kasih sayang (metode bahasa ibu) dan metode yang patut yang berarti
melayani anak secara holistic meliputi
jiwa, akal, spiritual dan jasad.
Dalam perkembangan
pembelajaran terdapat beberapa perubahan sebagai berikut
Tujuan Pembelajaran
|
Menguasai Ilmu
|
Menemukan Ilmu
|
Proses Pembelajaran
|
Berpusat pada guru
|
Berpusat pada siswa
|
Pertanyaan
|
Apa, siapa, di mana, bagaimana
|
Bagaimana jika…
|
Proses Berpikir
|
Menghafal, mengetahui, mengerti
|
Kreatif, inovatif, imajinatif
|
Evaluasi Belajar
|
Benar-salah, pilihan ganda
|
Kemungkinan jawaban bervariasi, esai dan performance
|
Buku berkualitas
Membaca merupakan syarat
utama dalam membangun peradaban. Membaca memiliki makna yang luas. Untuk itu
perpustakaan menjadi tempat istimewa di tiap sekolah. Perpustakaan dapat menjadi
‘bengkel’ yang merupakan pusat kegiatan membaca (dan menulis). Dalam waktu
dekat SD Alam Jingga akan dilengkapi dengan perpustakaan yang kami sebut ‘resource center’.
buku ini harganya berapa ya..? bisa beli dimana..? soalnya saya sedang menulis skripsi dengan tema sekolah alam, lumayan sulit mencari buku2nya.. trmksh..
BalasHapuslupa harganya berapa. sekolah kami (sekolahalamjingga.blogspot.com), beli langsung dari penulisnya, Bu Septri, waktu berkunjung ke School of Universe (SoU) Bogor. coba hubungi via facebook beliau (Septriana Murdiani). sukses buat skripsinya, semoga membantu.
BalasHapus