Senin, 22 April 2013

Mengenal Sekolah Alam ke SoU




Baru kali ini melihat sekolah alam dari dekat. Sebelumnya, hanya membayangkan konsep yang tentunya sangat abstrak. Saat sampai di gerbang sekolahnya, lebih tampak seperti taman kota. Pepohonan rindang mendominasi area depan sehingga udara terasa sejuk. Agak masuk ke dalam, ada sebuah bangunan yang difungsikan sebagai tempat sholat dan mungkin sebagai aula. Deskripsinya cukup sampai di sini.

Sekitar Pukul 09.00 WIB kami sampai di tujuan dan disambut langsung oleh kepala sekolahnya. Dilanjutkan penyampaian profil SoU melalui media lagu dan video. Seru dan sangat jauh dari konsep sekolah yang saya ketahui selama ini. 

Tujuan pendidikan menurut SoU adalah tujuan penciptaan manusia yang dikembangkan  dan disebut 4 pilar sebagai pengganti kurikulum. 4 pilar yang dimaksud yaitu akhlaq, logika berpikir, leadership dan business. Materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa merupakan break down dari ayat-ayat Al-Qur’an.

proses belajar di kelas
Setelah mendapatkan penjelasan secara lisan, kami diajak berkeliling SoU. Banyak hal yang kami dapatkan, seperti suasana belajar di kelas, cara belajar di perpustakaan sampai produk-produk yang siswa hasilkan selama pembelajaran.  Produknya pun bermacam-macam, mulai dari karya tulis, tanaman, biogas dan musik.  
proses belajar di kelas


media pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar